INILAH YANG SEBENARNYA SEDANG KAU PELAJARI, NAK!


Rangkaian ujian kenaikan kelas akan dimulai besok hari. Kegiatan malam ini, dan semoga malam-malam berikutnya, setelah makan malam anak-anak berkumpul di beberapa tempat yang cocok untuk belajar. Ada yang belajar di ruang shalat, di kelas, di teras asrama dan beberapa tempat lain. Tampak kelompok-kelompok belajar yang mereka bentuk sendiri bertebaran di mana-mana mendiskusikan materi ujian besok hari, ada yang sains-biologi, bahasa Inggris, matematika, fiqih dan pelajaran lain sesuai dengan jadwal yang mereka susun sendiri pada rapat kelas.

Pemandangan malam ini sangat berkesan bagiku, malam ini asrama tampak ramai dengan diskusi-diskusi. Sesekali ada yang berdebat sampai berkejar-kejaran, atau kadang-kadang terdengar gelak tawa di antara diskusi mereka. Malam ini begitu hidup ..

Aku berjalan-jalan di asrama, dari kamarku yang berada di lantai 3, aku menuju lantai 4 yang merupakan tempat tidur siswa kelas 1 dan 2 SMP, sekedar mengecek barangkali ada yang tidak belajar. Alhamdulillah, lantai 4 sepi, hanya ada beberapa siswa senior kelas 1 SMA yang belajar sambil menjaga kamar karena memang tugas mereka sebagai Bagian Keamanan OSIS. Kemudian aku menuju lantai 3, ruang tidur kelas 3. Meskipun ujian nasional telah usai dan hasil yang luar biasa telah mereka dapatkan, hanya ada beberapa siswa yang melakukan aktivitas di kamar; membaca, menghafal Qur’an, menyetrika pakaian dan sebagainya, tidak ada yang tidur. Yang lain kemana?

Aku menuju ruang kelas 1 dan kelas 2, yang berada di lantai 2. Inilah tempat yang paling ramai. Anak-anak sibuk mempersiapkan materi ujian besok hari. Namun hal yang membuatku berkesan adalah, mereka saling membantu siswa yang kesulitan. Kalau ada di antara teman yang tertidur, mereka membangunkannya. Kakak kelas senior tak sungkan membantu kelas yang lebih junior. Dan ternyata beberapa siswa kelas 3 turun langsung mengajari siswa kelas 1 dan 2, luar biasa, padahal seharusnya mereka menikmati masa-masa santai setelah menjalani proses persiapan ujian nasional yang cukup melelahkan. Di lantai dasar pun suasana yang sama aku jumpai.

Anakku, seperti inilah belajar,
Anakku, inilah yang sebenarnya kalian sedang pelajari,
Belajar membantu,
Belajar peduli,
Belajar bersabar dalam membantu kesulitan teman,
Belajar hidup bersama
Belajar ...
Belajar ...



Bagikan artikel melalui :

KOMENTAR

0 comments:

Posting Komentar