Sampaikanlah kesalahan mereka!

Kadangkala kita merasa jengkel ataumarah saat melihat siswa kita melakukan kesalahan, seperti tidak sopan kepada guru atau melakukan perilaku buruk lainnya. Jangan marah! Tarik nafas anda dan tenangkan! Setelah itu dekati mereka dan mulailah untuk berbicara untuk menyampaikan bahwa apa yang mereka lakukan adalah salah, apapun alasannya dan ingatlah cara berkomunikasi dengan anak (klik di sini untuk tips berkomunikasi efektif). Berikut langkahnya :
1.       Tataplah pandangan matanya dan usahakan Anda merendah hingga bahu Anda sejajar
2.       Gunakan gelombang teta untuk memberikan sugesti pada hatinya
3.       Gunakan teknik OTFD (observe, think, feel, desire). Sampaikan O: “Bapak lihat”, “Ibu dengar”, “Bapak tahu”, kemudian masuk ke T:”Bapak pikir bahwa perbuatan itu ...”. Sampaikan perasaan Anda (F) : “Ibu merasa … “ dan terakhir sampaikan keinginan Anda (D) : “Bapak ingin … “
Kebanyakan di antara guru atau orang tua hanya mencukupkan diri pada marah saat melihat anaknya berperilaku burulk. Padahal  anak harus diberi pengertian dan penjelalasan tentang perbuatan itu karena kadang anak merasa bingung ketika dimarahi tanpa mengerti apa kesalahannya (tidak setiap anak menyadari  bahwa yang dilakukan adalah suatu kesalahan). Dan ingatkan bahwa setiap apa yang mereke lakukan ada konsekuensinya!

Bagikan artikel melalui :

, , ,

KOMENTAR

1 comments:

  1. Terima kasih tipsnya. Perbanyak lagi share pengalaman.

    BalasHapus